19 Hal Sehari-Hari Yang Dapat Memicu Kecemasan

Jika Anda merasa gugup, khawatir, dan bahkan panik tanpa alasan, kebiasaan sehari-hari yang mengejutkan ini bisa disalahkan.

19 Hal Sehari-Hari Yang Dapat Memicu Kecemasan
19 Hal Sehari-Hari Yang Dapat Memicu Kecemasan


Berurusan dengan kecemasan?


Gangguan kecemasan adalah salah satu gangguan mental yang paling umum di Kanada, mempengaruhi satu dari empat orang Kanada — 25 persen dari populasi — dalam hidup mereka, menurut Asosiasi Gangguan Kecemasan Kanada . Kita semua menjadi cemas atas keadaan tertentu (katakanlah, presentasi besar di tempat kerja), tetapi jika Anda mengalami perasaan gugup atau gelisah tanpa alasan yang jelas, salah satu pemicu halus dan keseharian ini mungkin bisa disalahkan. Inilah yang perlu Anda ketahui tentang mengelola pemicu tersebut dan mencegah perasaan Anda meningkat.

1. Kamu terlalu banyak minum kopi


"Kami tidak memikirkan secangkir kopi tambahan itu, tetapi kafein membuat tubuh gugup dan gelisah dan memicu respons melawan atau lari," jelas Nikki Martinez , PsyD. Terlalu banyak makan latt├ęs dan espressos telah terbukti menghasilkan gejala yang tidak dapat dibedakan dari gangguan kecemasan, menurut sebuah studi dari British Journal of Psychiatry.

2. Anda mendapat peringatan berita sepanjang hari


“Berita 24/7 kami sangat buruk bagi tingkat stres negara kami,” kata Dr. Salcedo. Sebagian besar cerita berfokus pada kekerasan, perang, dan kemarahan, sering membuat penonton merasa bingung. Tetapi itu tidak berarti Anda harus mengabaikan sepenuhnya apa yang sedang terjadi di dunia. Sebaliknya, Dr. Salcedo merekomendasikan untuk memeriksa berita hanya sekali sehari.

3. Anda sedang mabuk


Sakit kepala yang hebat dan mual bukan satu-satunya efek setelah minum terlalu banyak. Kelebihan alkohol adalah salah satu pemicu utama kecemasan, menurut penelitian dari Fakultas Kedokteran Universitas Carolina Utara, karena minum alkohol yang berlebihan dapat memulihkan otak dan membuat Anda lebih rentan terhadap gangguan kecemasan. Alkohol juga diketahui mengganggu tidur Anda, dan kurang tidur dapat meningkatkan tingkat kecemasan Anda , menurut penelitian dari UC Berkeley.

4. Anda sudah minum obat


Jika Anda sakit dan bertanya-tanya pada diri sendiri, "Mengapa saya merasa cemas?" Tidak terlihat lagi selain obat yang dijual bebas di meja Anda. "Sangat penting untuk membaca bahan-bahan," kata neuropsikolog Sanam Hafeez, PsyD . "Hal-hal seperti acetaminophen, doxylamine succinate, yang merupakan antihistamin penenang, dan dekstrometorfan, penekan batuk, semua dapat memicu kecemasan dan perasaan umum secara umum."

5. Kamu haus


Jika Anda tidak minum cukup air, Anda akan memiliki lebih dari sekedar mulut kering. Bahkan dehidrasi ringan dapat memicu gangguan suasana hati, menurut sebuah studi di Journal of Nutrition. Sangat penting untuk tetap terhidrasi dengan minum air saat makan dan sepanjang hari untuk mencegah perasaan tidak seimbang. Dehidrasi juga dapat memperburuk depresi dan masalah kesehatan mental lainnya.

6. Gula darah Anda rendah


Kita semua pernah mendengar bahwa Anda bisa mendapatkan "hangry" dari tidak makan (itu campuran malang antara lapar dan marah), tetapi Anda juga bisa merasa cemas juga. "Orang yang sedang stres dan mengalami kecemasan sering merasa bahwa nafsu makannya mati," kata Dr. Hafeez. “Namun, melewatkan makan menyebabkan penurunan gula darah, yang hanya membuat perasaan cemas terus berlangsung. Ini menciptakan lingkaran setan. ”Perlu diingat, makanan licik ini dapat membantu meningkatkan gula darah Anda.

7. Diet Anda tidak seimbang


Jatuh pada pekerjaan mendapatkan semua nutrisi Anda, terutama vitamin B, dapat mendatangkan malapetaka pada suasana hati Anda dan membuat Anda merasa cemas tanpa alasan. "Penelitian telah menunjukkan bahwa diet kurang daging sapi, babi, ayam, sayuran berdaun hijau, buah-buahan, kacang-kacangan, dan telur dapat menyebabkan depresi," kata Hafeez. "Orang-orang yang tiba-tiba mengeluarkan makanan ini dari makanan mereka dapat merasa cemas dan mudah tersinggung." Jika Anda berurusan dengan kecemasan, berikut adalah beberapa solusi alami untuk membantu Anda rileks.

8. Anda selalu terhubung


Facebook dan Instagram bisa menyenangkan, tetapi menghabiskan terlalu banyak waktu di jejaring sosial online dapat menjadi sumber kecemasan Anda. Sebuah studi dari nirlaba Anxiety UK menemukan bahwa mayoritas pengguna media sosial secara negatif membandingkan diri mereka dengan orang lain , menjadi stres ketika media sosial tidak tersedia, dan bahkan mengalami kesulitan tidur setelah menjelajahi media sosial.

9. Ini hari Minggu malam


Dari semua penyebab kegelisahan, sepertinya hari itu tidak penting, tetapi akhir pekan yang menakutkan itu dapat memengaruhi kesejahteraan kita. "Adalah hal biasa bagi orang-orang untuk merasa cemas atau mendapatkan 'Sunday Blues' ketika akhir pekan berakhir untuk mengantisipasi minggu kerja yang akan datang," kata Dr. Hafeez. "Ketika pikiran Anda mulai fokus pada laporan, kegiatan anak-anak, dan daftar panjang yang harus dilakukan, mudah untuk tergelincir ke dalam kondisi pikiran yang cemas."

10. Anda terlalu panas


Panas yang menyengat bisa membuat orang mudah tersinggung. Ini mengeringkan Anda, menghabiskan energi Anda, dan menghancurkan kemampuan Anda untuk fokus. Temperatur yang panas juga dapat mempercepat pernapasan dan detak jantung Anda — gejala yang mengingatkan kita pada serangan panik, kata psikiater Beth Salcedo, MD . Dan begitu tubuh Anda memperhatikan gejala-gejala fisiologis ini, Anda mungkin mulai merasa cemas dan mengalami panik yang sebenarnya. Jika itu terjadi, pelajari bagaimana wanita ini menaklukkan serangan paniknya.

11. Anda sedang makan saat bepergian


Antara pekerjaan, keluarga, teman, dan daftar tugas yang tidak pernah berakhir, tuntutan dalam hidup Anda membuat Anda sibuk sepanjang hari. Tetapi sementara bar protein yang Anda konsumsi mungkin tampak seperti penghemat waktu yang nyaman, mereka sebenarnya bisa menjatuhkan Anda. "Ketika kita makan tanpa mengunyah dan bersantai dengan benar, sistem pencernaan kita mengalami kesulitan bekerja dengan baik, dan sensasi sesak di perut atau gangguan pencernaan dapat menciptakan perasaan cemas," Amanda Malachesky, seorang praktisi nutrisi fungsional dan pendiri Confluence Nutrition , mengatakan kepada Bustle . Jadi, bahkan jika Anda tidak bisa makan dengan benar, lakukan yang terbaik untuk makan perlahan dan benar-benar menikmati makanan Anda.

12. Anda melewatkan gym


Kita semua pernah ke sana. Kehilangan sesi latihan sesekali tidak perlu panik, tetapi jika Anda secara teratur berjuang untuk tetap pada jadwal, itu bisa mengacaukan suasana hati Anda. Setelah semua, aktivitas fisik meningkatkan kesehatan mental dalam berbagai cara, termasuk berpotensi menangkal gejala depresi dan kecemasan, menurut penelitian . Inilah tiga manfaat mengejutkan dari kecemasan yang harus Anda ketahui.

13. Anda telah berkomitmen untuk lebih dari yang bisa Anda tangani


Malam ini Anda harus mempersiapkan proyek besar di tempat kerja, menjemput anak-anak dari sepak bola, membersihkan rumah dari atas ke bawah, dan membuat kue untuk penjualan kue sekolah. Terdengar akrab? "Menjadwalkan diri sendiri secara berlebihan biasanya mengarah pada stres yang berlebihan, yang merupakan persiapan untuk kegelisahan," kata Dr. Salcedo. Cobalah jujur ​​pada diri sendiri (dan orang lain) tentang apa yang dapat Anda tangani secara realistis dan berapa banyak waktu yang Anda perlukan untuk menyelesaikannya.

14. Anda menghabiskan terlalu banyak waktu sendirian


Sedikit "waktu saya" adalah hal yang baik — tetapi pastikan Anda juga mendapat istirahat bersama orang-orang terkasih. “Saya selalu mengatakan kecemasan suka mengisi kamar kosong,” kata Dr. Salcedo. "Jika Anda tidak berpenghuni, kecemasan Anda memiliki ruang untuk tumbuh." Jika sendirian membuat Anda merasa tidak nyaman, mengalihkan perhatian Anda dengan membuat rencana dengan teman. Plus, kondisi medis ini dapat membuat kecemasan Anda semakin buruk.

15. Anda sudah berada di dalam terlalu lama


Bahkan jika Anda bukan tipe orang luar, ada baiknya untuk mendapatkan sedikit udara segar sesekali. Faktanya, serangkaian percobaan dari University of Rochester menemukan bahwa menghabiskan waktu di alam dapat meningkatkan energi fisik dan mental Anda hampir 40 persen, sementara menghabiskan waktu di dalam memiliki efek sebaliknya.

16. Anda selalu yang terakhir tiba


Apakah Anda orang yang selalu mengirim SMS untuk mengatakan bahwa mereka terlambat 15 menit? Tidak merencanakan cukup waktu untuk sampai ke tujuan Anda dapat berdampak serius pada kesehatan mental Anda. “Orang-orang yang secara kronis terlambat sering kali tersebar dan cemas sebagai hasilnya,” kata Dr. Salcedo. Coba ini: Rencanakan untuk berada di mana-mana 15 menit lebih awal, apakah Anda naik kereta atau mengunjungi teman.

17. Anda tidak cukup tidur


Ini adalah siklus tanpa akhir: Stres dan kecemasan dapat menyebabkan masalah tidur, tetapi kurang tidur juga dapat menyebabkan kecemasan, menurut National Sleep Foundation . Ditambah lagi jika insomnia menjadi kronis, dapat meningkatkan risiko seseorang mengalami depresi atau gangguan kecemasan, menurut para ahli di Harvard Medical School . Beberapa pilihan untuk membantu menenangkan otak Anda sebelum tidur termasuk membaca buku, bermeditasi selama beberapa menit, atau menuliskan daftar tugas Anda untuk hari berikutnya. Jika semuanya gagal dan Anda masih kesulitan untuk tidur, kebiasaan ini mungkin bisa disalahkan.

18. Anda tinggal di kota


Tentu saja, suara keras dan kerumunan yang memaksa dapat membuat Anda stres. Tetapi bahkan jika Anda tidak terganggu oleh kekacauan kehidupan perkotaan, udara yang Anda hirup masih bisa menjadi penyebab meningkatnya stres atau ketidaknyamanan Anda. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam British Medical Journal , para peneliti mengamati lebih dari 71.000 wanita dan menemukan bahwa mereka yang tinggal 50 hingga 200 meter dari jalan utama lebih cenderung mengalami kecemasan daripada mereka yang tinggal lebih dari 200 meter — dan mereka berspekulasi bahwa polusi udara yang harus disalahkan.

19. Rumahmu berantakan


Rumah yang berantakan bisa terlihat seperti bukan masalah besar, tetapi mungkin sebenarnya menjadi sumber dari kecemasan Anda. Kekacauan menyebabkan stres, menurut sebuah artikel di Psychology Today , karena dapat membuat Anda kehabisan tenaga, tidak dapat fokus, dan tidak dapat bersantai, yang semuanya dapat menambah kecemasan. Lingkungan kita penting bagi kondisi mental kita, jadi jaga agar tempat Anda teratur dan rapi untuk menghindari ketegangan yang tidak perlu.

0 Response to "19 Hal Sehari-Hari Yang Dapat Memicu Kecemasan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel